JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 8 No 2 (2020): Vol.8.No.2.2020

ANALISIS SOAL UN BIOLOGI SMA/MA BERDASAR DIMENSI PROSES KOGNITIF, KARAKTERISTIK HOTS, DAN BENTUK STIMULUS

Mula Haryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Penelitian yang komprehensif terkait dimensi proses kognitif, karakteristik HOTS, dan bentuk stimulus yang digunakan dalam soal UN belum pernah dilakukan. Faktor lain adalah sebagian besar UN dilaksanakan dalam bentuk UNBK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran dimensi proses kognitif, karakteristik soal HOTS, dan bentuk stimulus yang terdapat dalam soal Ujian Nasional Biologi 2018/2019. Penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif dimana data yang diperoleh disajikan dalam bentuk persentase dan selanjutnya dideskripsikan. Lembar identifikasi dimensi proses kognitif dikembangkan berdasar taksonomi Bloom yang direvisi. Lembar identifikasi karakteristik HOTS digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah soal HOTS. Uji kualitatif terhadap isi stimulus digunakan untuk mengelompokkannya ke dalam bentuk stimulus tertentu. Hasil penelitian menunjukkan sebaran dimensi proses kognitif soal UN Biologi 2018/2019 sudah merata meskipun dengan persentase yang berbeda. Persentase soal kategori HOTS termasuk cukup banyak. Mayoritas soal menggunakan stimulus tunggal dalam bentuk gambar. Terdapat beberapa soal yang menggunakan bentuk kombinasi stimulus.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...