Bahan ajar yang inovatif diperlukan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media yang kreatif dapat menarik minat pembelajar dalam mengikuti pembelajaran. Dalam penelitian ini, terdapat dua produk yang dihasilkan, yaitu materi ajar dan media pembelajaran. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana rancangan materi ajar dan media pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Indonesia bagi pembelajar BIPA disalah satu Lembaga Pendidikan Bahasa. Pengembangan media pembelajaran diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Research dan Development/R&D yang merujuk pada teori Borg dan Gall. Langkah-langkah tersebut dikelompokkan menjadi tujuh langkah, yakni: (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk, (3) validasi ahli, (4) revisi, (5) uji coba lapangan, (6) revisi, (7) produk akhir. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil validasi, ahli materi memberikan skor rata-rata sebesar 4,0 terhadap materi ajar untuk pembelajar BIPA. Selanjutnya, ahli media memberikan skor rata-rata sebesar 3,5. Media pembelajaran untuk pembelajar BIPA dikembangkan dengan kualitas yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2020