Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara Kemampuan pemecahan masalah IPS kelas IV SD pada kelompok yang telah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan kelompok yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Kuasi dengan menggunakan desain penelitian The Static Group Pretes-Posttest Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan uji-t untuk mengukur dan mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah IPS Kelas IV SD pada kelompok eksperimen setelah mendapatkan perlakuan. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan Uji-t diperoleh hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,01, karena nilai Sig (2-tailed) <0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan anatara penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan Model pembelajaran Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPS Kelas IV SD.
Copyrights © 2020