NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 7, No 1 (2020): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PERBEDAAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

Feri Setia Buana (Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKSW Salatiga)
Indri Anugraheni (Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKSW Salatiga)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara Kemampuan pemecahan masalah IPS kelas IV SD pada kelompok yang telah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan kelompok yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Kuasi dengan menggunakan desain penelitian The Static Group Pretes-Posttest Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan uji-t untuk mengukur dan mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah IPS Kelas IV SD pada kelompok eksperimen setelah mendapatkan perlakuan. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan Uji-t diperoleh hasil nilai  sig (2-tailed) sebesar 0,01, karena nilai Sig (2-tailed) <0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan  yang signifikan  anatara penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan Model pembelajaran Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPS Kelas IV SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...