Benchmarking: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 2, No 2 (2018): BENCHMARKING

MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KEPALA SEKOLAH BINAAN DALAM MENERAPKAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN MELALUI WORKSHOP BERBASIS BAHAN BACAAN

Suriadi Suriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2020

Abstract

Indikator keberhasilannya adalahmeningkatnya kompetensi pengetahuan danketerampilan kepala sekolah binaandalam menerapkan kepemimpinan pendidikandi sekolahnya.Pendekatan yangdigunakan adalah keterampilan proses, dan andragogi, metodenya adalah workshop,dan tekniknya adalah diskusi. Waktu dan tempat pelaksanaannya adalah pada bulanSeptember 2017 di SMP binaan-1. Artikel ini menyimpulkan bahwa workshopberbasis bahan bacaan ternyata mampu meningkatkan kompetensi aspekpengetahuan dan aspek keterampilan kepala sekolah dalam menerapkankepemimpinan kependidikan dengan indikatornya adalah (1) kompetensi aspekpengetahuan kepala sekolah meningkat dari nilai rata-rata 55 menjadi 93,75 atausebesar 38,75; dan (2) kompetensi aspek keterampilan kepala sekolah meningkatdari nilai rata-rata 40 menjadi 70 atau sebesar 30. Artikel ini merekomendasikanagar (1) kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan menerapkan kepemimpinanpendidikan dalam memimpin sekolahnya, dan (2) pengawas manajerial melakukan workshop berbasis bahan bacaan bagi kepala sekolah binaannya dalam menerapkankepemimpinan pendidikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

benchmarking

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Benchmarking journals places that can receive article writers from various universities and professions around the world to share concepts, theories and innovations in the management of Islamic education, education management, supervision, managerial, resource management in the field of education ...