Indikator keberhasilannya adalahmeningkatnya kompetensi pengetahuan danketerampilan kepala sekolah binaandalam menerapkan kepemimpinan pendidikandi sekolahnya.Pendekatan yangdigunakan adalah keterampilan proses, dan andragogi, metodenya adalah workshop,dan tekniknya adalah diskusi. Waktu dan tempat pelaksanaannya adalah pada bulanSeptember 2017 di SMP binaan-1. Artikel ini menyimpulkan bahwa workshopberbasis bahan bacaan ternyata mampu meningkatkan kompetensi aspekpengetahuan dan aspek keterampilan kepala sekolah dalam menerapkankepemimpinan kependidikan dengan indikatornya adalah (1) kompetensi aspekpengetahuan kepala sekolah meningkat dari nilai rata-rata 55 menjadi 93,75 atausebesar 38,75; dan (2) kompetensi aspek keterampilan kepala sekolah meningkatdari nilai rata-rata 40 menjadi 70 atau sebesar 30. Artikel ini merekomendasikanagar (1) kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan menerapkan kepemimpinanpendidikan dalam memimpin sekolahnya, dan (2) pengawas manajerial melakukan workshop berbasis bahan bacaan bagi kepala sekolah binaannya dalam menerapkankepemimpinan pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018