Benchmarking: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3, No 1 (2019): BENCHMARKING

COMPULSORY EDUCATION DAN SISTEM PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

Fitri Hayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2020

Abstract

Pembiayaan pendidikan menjadi salah satuindikator putus/tidaknya sekolah warga, karena pemerintah hanya menyediakanbiaya langsung (direct cost) berupa operasional pendidikan, sementara biayapendidikan tidak langsung (indirect cost) lebih besar lagi yang harus ditanggungorang tua misal biaya transportasi, seragam sekolah yang begitu banyak, alattulis, media, jajan, biaya private untuk menunjang sekolah seperti kursus. Untukkeluarga miskin lebih memilih tidak menyekolahkan anaknya selain biaya yangdikeluarkan begitu besar selain itu juga mempertimbangkan biaya kesempatanyang hilang (uportuanity cost) akibat sekolah. Untuk itu pemerintah harusmempertimbangkan sistem pembiayaan program wajib belajar denganmenerapkan prinsip politicall will dan noblepoliticall.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

benchmarking

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Benchmarking journals places that can receive article writers from various universities and professions around the world to share concepts, theories and innovations in the management of Islamic education, education management, supervision, managerial, resource management in the field of education ...