Benchmarking: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 2, No 1 (2018): BENCMARKING

PENYUSUNAN DOKUMEN KURIKULUM 2013 DALAM KONTEKS KEKINIAN

Suriadi Suriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2018

Abstract

Substansihasil revisi dokumen Kurikulum 2013 meliputi (1) koherensi KI-KD danpenyelarasan dokumen; (2) penataan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosialpada semua mata pelajaran; (3) penataan kompetensi yang tidak dibatasi olehpemenggalan taksonomi proses berpikir; dan (4) pemberian ruang kreatif kepadaguru dalam mengimplementasikan kurikulum. Dalam membekali siswa denganketerampilan abad ke-21 yang dibutuhkan terdapat empat poin perubahanKurikulum 2013 revisi 2017, yakni (1) PPK, (2) literasi dasar, (3) kompetensi 4C,dan (4) HOTS yang pelaksanaannya diintegrasikan dalam perencanaan dan prosespembelajaran. Penyusunan, validasi/verifikasi, dan pengesahan Buku-1 Kurikulum2013 yang masing-masing dilakukan kepala sekolah/TPK sekolah, pengawasmanajerial, dan Bidang Pembinaan Sekolah/Seksi Kurikulum menggunakanpedoman tentang Buku-1 Kurikulum 2013 yang kekinian dan memiliki pemahamanyang sama. Penyusunan, pengesahan, dan supervisi RPP yang masing-masingdilakukan guru mata pelajaran, kepala sekolah, dan pengawas akademik selayaknyamenggunakan acuan petunjuk penyusunan RPP Kurikulum 2013 yang kekinian danmemiliki pemahaman yang sama, sinkron, dan sinergis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

benchmarking

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Benchmarking journals places that can receive article writers from various universities and professions around the world to share concepts, theories and innovations in the management of Islamic education, education management, supervision, managerial, resource management in the field of education ...