Substansihasil revisi dokumen Kurikulum 2013 meliputi (1) koherensi KI-KD danpenyelarasan dokumen; (2) penataan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosialpada semua mata pelajaran; (3) penataan kompetensi yang tidak dibatasi olehpemenggalan taksonomi proses berpikir; dan (4) pemberian ruang kreatif kepadaguru dalam mengimplementasikan kurikulum. Dalam membekali siswa denganketerampilan abad ke-21 yang dibutuhkan terdapat empat poin perubahanKurikulum 2013 revisi 2017, yakni (1) PPK, (2) literasi dasar, (3) kompetensi 4C,dan (4) HOTS yang pelaksanaannya diintegrasikan dalam perencanaan dan prosespembelajaran. Penyusunan, validasi/verifikasi, dan pengesahan Buku-1 Kurikulum2013 yang masing-masing dilakukan kepala sekolah/TPK sekolah, pengawasmanajerial, dan Bidang Pembinaan Sekolah/Seksi Kurikulum menggunakanpedoman tentang Buku-1 Kurikulum 2013 yang kekinian dan memiliki pemahamanyang sama. Penyusunan, pengesahan, dan supervisi RPP yang masing-masingdilakukan guru mata pelajaran, kepala sekolah, dan pengawas akademik selayaknyamenggunakan acuan petunjuk penyusunan RPP Kurikulum 2013 yang kekinian danmemiliki pemahaman yang sama, sinkron, dan sinergis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018