Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1: April 2020

IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LINGKUNGAN MASYARAKAT PADA SEKOLAH DASAR

Muhammad Fauzan Muttaqin (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Daarul Qur’an, Indonesia)
Slamet Hariyadi (Guru SDN Candi 01, Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji secara spesifik tentang implementasi penguatan pendidikan karakter(PPK) berbasis masyarakat pada SD di Kota Semarang. Penelitian yang digunakan metode deskriptifpendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan metode checklist, observasi, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Analisis datadilakukan dengan model analisis interaktif. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasiteknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemntasi PPK berbasis masyarakat melaluipemanfaatan sumber pembelajaran yang terdapat pada lingkungan sekitar dengan bekerjasama ataukolaborasi dengan masyarakat melalui kegiatan pembelajaran berbasis cagar budaya, musium, dan sanggarseni seperti Kota Lama Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah, taman budaya Raden Saleh, LawangSewu, dan musium Ronggowasito, kerjasama dengan seniman dan budayawan sekitar dalam latihanekstrakulikuler seni tari dan lukis; kelas inspirasi dengan mendatangkan narasumber tokoh profesionalseperti dokter, tentara, polisi untuk mengisi kegiatan pembelajaran dalam ruang kelas dan di luar ruangkelas; gerakan literasi berkolaborasi dengan, PERPUSDA, percetakan, toko buku; kerjasama dengan PTNdan PTS meliputi riset pembelajaran, pengembangan inovasi pembelajaran, evaluasi menejemen sekolah;kerjasama sekolah dan komunitas keagamaan berupa rebana dan BTQ.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...