JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019

PENGARUH PENGARAHAN KONSEP PEMBELAJARAN MAIN MAPPING OLEH PENGAWAS MADRASAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGAJAR DI MAN KAMPAR

Ismail, Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Metode pembelajaran di MAN Kampar belum bervariasi. Hasil evaluasi ditemukan bahwa pada umumnya guru hanya menerapkan metode pengajaran konvensional kondisi ini sering menyebabkan munculnya rasa bosan bagi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengarahan konsep pembelajaran main mapping terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam mengajar. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment. Populasi adalah guru di MAN Kampar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan metode purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu kompetensi pedagogik guru mengajar sebelum dan setelah diberikan pengarahan metode pembelajaran main mapping. Semua data berpasangan untuk data pre test dan post test. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan rata- rata kompetensi pedagogik guru sebelum diberikan pengarahan metode main mapping adalah 73 dan rata-rata kompetensi pedagogik guru setelah diberikan pengarahan metode main mapping adalah 87. Berdasarkan uji T-Dependent didapatkan nilai p=0,000 < ? 0,05 yang berarti ada pengaruh pengarahan konsep pembelajaran main mapping terhadap peningkatan kompetensi pedagogic guru dalam mengajar. Diharapkan kepada guru dapat menggunakan metode main mapping dalam meningkatkan kemampuan pribadi dalam mengajar dan mampu mencapai hasil akhir meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...