JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 5 DALAM PELAJARAN MATEMATIKA DASAR

Ayudya, Mutiara Sasy (Unknown)
Rahayu, Theresia Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model problem based learning dan think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD. Subjek pada penelitian ini yaitu SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga sejumlah 40 siswa, 20 siswa di kelas A sebagai kelas eksperimen 1, dan 20 siswa kelas B sebagai kelas kontrol Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Ho ditotak dan Ha diterima. Hal ini berdasarkan hasil analisis NGain menunjukkan peningkatan nilai setelah diberikan perlakuan PBL sebesar 0,67, sedangkan peningkatan nilai setelah diberikan perlakuan TPS sebesar 0,54. Berdasarkan dari semua hasil analsis dapat disimpulkan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan dalam penelitian ini. Terbukti penerapan model pembelajara PBL memiliki tingkat efektivitas lebih tinggi jika dibandingkan dengan model pembelajaran TPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pelajaran matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...