Explore IT : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Informatika


Aplikasi pengenalan huruf hijaiyah untuk anak usia dini berbasis android menggunakan augmented reality

Alya Alwiyah (universitas yudharta pasuruan)
Muhammad Imron Rosadi (Program Studi Teknik Informatika, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Smartphone kerap digunakan untuk mengendalikan aplikasi mobile sebagai sarana untuk mengakses dan mengolah informasi. Penggunaan smartphone banyak diminati mulai dari kalangan dewasa maupun anak-anak. Didalam smartphone terdapat ratusan aplikasi yang paling menarik yaitu game. Pada awalnya game ditunjukkan sebagai media penghilang kejenuhan saat belajar, namun fitur yang satu ini tidak jarang membuat anak jadi lupa waktu, sehingga menyebabkan anak-anak kelelahan dan malas untuk belajar. Bentuk kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan dalam bidang pendidikan adalah Augmented Reality yaitu sebuah terobosan di dunia multimedia dan pengolahan citra digital yang sedang maju. Aplikasi tersebut digunakan untuk pengenalan huruf hijaiyah bagi anak dini berbasis android. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Unity 3D untuk marker huruf-huruf hijaiyah dan Vuforia. Pada impelementasi akan ada proses scanning untuk memunculkan efek 3D dari huruf-huruf hijaiyah tersebut. Tujuan dari penelitian ini menerapkan Augmented Reality pada smartphone untuk mengurangi bermain game dan menyeimbangkan minat belajar huruf hijaiyah sejak dini. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa metode tersebut menghasilkan minat belajar terhadap anak-anak lebih baik.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

EXPLORE-IT

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Explore IT! merupakan publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Yudharta Pasuruan. Isi artikel Jurnal EXPLORE IT meliputi bidang Artificial Intellegent, AR VR, Mobile programming, Pattern Recognition, Internet of Thinks (IoT), Remote ...