Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON

Mendrofa, Iman Jujur (Unknown)
Syah, Nurhasan (Unknown)
Rahmat Putra, Rusnardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah media video pembelajaran untuk mata kuliah Teknologi Beton pada Jurusan Teknik Sipil dan mengetahui validitas, Praktis dan Efektif media video pembelajaran pada mata kuliah Teknologi Beton pada Jurusan Teknik Sipil.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), menggunakan model pengembangan IDI, melalui tahap penemuan atau analisis kebutuhan, program, dan evaluasi. Subjek  penelitian adalah mahasiswa jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Data penelitian dikumpulkan melului instrumen validitas, instrumen praktikalitas, instrumen efektivitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektivitas menggunakan analisis uji t. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  uji  validitas  media video pembelajaran oleh validator, semua aspek dinilai ?Valid?. Uji praktikalitas media video pembelajaran diperoleh dari respon mahasiswa pada jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, berada dalam kategori ?Praktis?. Hasil uji efektifitas media video pembelajaran diperoleh dari nilai pre-test dan pos-test mahasiswa setelah mengunakan media video pembelajaran berada dalam kategori efektif. Kesimpulannya media video pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kata  Kunci:  Media,  Teknologi Beton, Video Pembelajaran

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...