Journal of Education Technology
Vol 3, No 4 (2019)

MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Widiana, I Wayan (Unknown)
Parera, Ni P. Gita (Unknown)
Yuda Sukmana, Adrianus I Wayan Ilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media (2) mengetahui validitas hasil pengembangan media, (3) mengetahui efektivitas pengembangan media. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Metode yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner, tes dan pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media permainan ular tangga dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Hasil validitas media dinyatakan valid dilihatĀ  dari review para ahli dan siswa dengan persentase ahli isi mata pelajaran 92,86%, ahli media pembelajaran 82,86%, ahli desain pembelajaran 96,66%, uji coba perorangan 95,39%, uji coba kelompok kecil 93,59%, dan uji coba lapangan 94,50%. (3) Uji efektivitas media permainan ular tangga menunjukkan bahwa hasil thitung (9,6) > ttabel (2,144). Ini berarti terdapat efektivitas media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...