Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media (2) mengetahui validitas hasil pengembangan media, (3) mengetahui efektivitas pengembangan media. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Metode yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner, tes dan pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media permainan ular tangga dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Hasil validitas media dinyatakan valid dilihatĀ dari review para ahli dan siswa dengan persentase ahli isi mata pelajaran 92,86%, ahli media pembelajaran 82,86%, ahli desain pembelajaran 96,66%, uji coba perorangan 95,39%, uji coba kelompok kecil 93,59%, dan uji coba lapangan 94,50%. (3) Uji efektivitas media permainan ular tangga menunjukkan bahwa hasil thitung (9,6) > ttabel (2,144). Ini berarti terdapat efektivitas media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA.
Copyrights © 2019