Journal of Education Technology
Vol 3, No 4 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Maker, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) tahun ajaran 2018/2019 di kelas IX A SMP Negeri 2 Tegallalang yang berjumlah 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang yang dilakukan dalam dua siklus dan ditiap siklusnya ada empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terjadi penigkatan persentase ketuntasan belajar di kelas dari 37,93% pada prasiklus menjadi 65,51% pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 93,10% pada siklus kedua. Dan terjadi peningkatan juga pada rata-rata prestasi belajar Matematika siswa dari 63,44 pada tahap prasiklus, menjadi 71,20 pada siklus pertama, dan 76,37 pada siklus kedua. Kata Kunci: NHT (Numbered Head Together), prestasi belajar Matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...