Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 3, No 4 (2019): November 2019

STUDI KASUS PENANGANAN KESULITAN MEMBACA SISWA ABK KELAS 3 SD NEGERI PONCOL 03 PEKALONGAN DENGAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS)

Maulida, Nur Ba?diah (Unknown)
ajriyah, Khusnul F (Unknown)
Budiman Yeni, Muhammad Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan membaca sebelum menggunakan metode Strutural Analitik Sintetik (SAS) dan setelah menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa ABK kelas 3 SD Negeri Poncol 03 Pekalongan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian desriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa ABK kelas 3 SD Negeri Poncol 03 Pekalongan yang berjumlah 3 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi keteramoilan membaca dengan instrumen lembar pengamatan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Dengan hasil menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan membaca sebelum menggunaan metode Struktural Analiti Sintetik (SAS) memperoleh hasil rata-rata ketiga siswa ABK yaitu 33,33%  dan sesudah menggunakan metode Struktural Analiti Sintetik (SAS) memperoleh hasil dari masing-masing pertemuan siswa ABK yaitu pertemuan pertama 41,66% , pertemuan kedua 45,13% , pertemuan ketiga 52,77%. Hal ini menunjukan ada pengaruh positif dari metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca siswa ABK dibandingkan tidak menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...