Mimbar Ilmu
Vol 25, No 1 (2020)

Kontribusi Bimbingan Belajar Dari Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Wahyu Ariyana, I Made (Unknown)
Ganing, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Bimbingan Belajar Dari Orang Tua terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VII Mengwi, pengaruh yang signifikan Motivasi Berprestasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VII Mengwi serta Bimbingan Belajar Dari Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VII Mengwi. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional random sampling, didapat sampel sebanyak 117 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas dan uji heterokesdastisidas. Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh Freg = 115. Pada taraf signifikansi 5% n= 115, maka diperoleh Ftabel = 3,92. Dikarenakan Freg 115 > Ftabel = 3,92 maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar dari orang tua terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 12,25%. Hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh Freg = 115. Pada taraf signifikansi 5% n= 115, maka diperoleh Ftabel = 3,92. Dikarenakan Freg 115 > Ftabel = 3,92 maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 19,36%. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh Freg = 17,81. Pada taraf signifikansi 5% n = 115, maka diperoleh Ftabel = 3,08. Dikarenakan Freg 17,81 > Ftabel = 3,08 maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar dari orang tua dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 24,01%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...