Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bola voli pada siswa kelas XII MIPA3 SMAN 3 Amlapura tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 3 Amlapura Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 35 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat penguasaan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siklus I sebesar 42,86% berada pada dalam kategori sangat kurang. Pada Siklus II sebesar 85,71% berada pada berada dalam kategori baik. Terjadi peningkatan persentase tingkat penguasaan hasil belajar teknik dasar passing in bola voli sebesar 42,85% dari siklus I ke siklus II. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar passing bola voli.
Copyrights © 2019