JURNAL PENJAKORA
Vol 6, No 2 (2019): September 2019

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Suliaji, Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bola voli pada siswa kelas XII MIPA3 SMAN 3 Amlapura  tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan  model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 3 Amlapura Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 35 orang siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat penguasaan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siklus I sebesar 42,86% berada pada dalam kategori sangat kurang. Pada Siklus II sebesar 85,71% berada pada berada dalam kategori baik. Terjadi peningkatan persentase tingkat penguasaan hasil belajar teknik dasar passing in bola voli sebesar 42,85% dari siklus I ke siklus II. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar passing bola voli.

Copyrights © 2019