Ta`Limuna : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 9, No 1 (2020): edisi Maret

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS IMTAQ DAN IPTEK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA MATA PELAJARAN SAINS MADRASAH IBTIDAIYAH

Aslan Aslan (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas (IAIS))



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Permasalahan utama dalam pendidikan adalah kurikulum, sehingga perubahan kurikulum adalah untuk menjawab tantangan zaman seiring dengan perkembangan teknologi. Namun, dampak dari perubahan kurikulum, tidak selamanya mengintegrasikan agama, kecuali pada kurikulum 2013. Kajian dalam penelitian ini menggunakan literatur. Hasil penelitian menemukan bahwa, model dalam pengembahan bahan ajar di era revolusi industri saat ini pada mata pelajaran IPA menggunakan model teori Walter Dick and Lou Corey yang dikembangkan oleh peneliti sesuai dengan karakteristik dan daerah masing-masing. Model yang tepat untuk integrasi sains dalam pembelajaran IPA adalah model penggabungan integrasi dalam dimensi Filosofis, sebagai pondasi dasar dengan model integrasi Diadik Dialogis, sebagai acuan pengembangan bahan ajar. Bahan ajar dari mata pelajaran IPA, dilandasi oleh kajian al-Qur’an dan al Hadis, agar tujuan dalam pembelajaran menjadi terintegratif, artinya dapat  meningkatkan dan menumbuhkan kesadaran peserta didik dari aspek intelektual, emosional maupun spiritual dan mewujudkan insan yang mempunyai kedalaman spritual, keagungan akhlaq, keluasan Intelektual dan kematangan professional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talimuna

Publisher

Subject

Education

Description

TA`LIMUNA Journal of Islamic Education ISSN 2622-9889 (Print) and ISSN 2085-2975 (Online) is a journal published twice a year by STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang. This journal emphasizes aspects related to Islamic Education, with special reference to applied research in Islamic education that ...