Usaha Mikro Kecil dan Menengah memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia, baik dari sisi jumlah unit usaha, penyerapan tenaga kerja dan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), salah satu bentuknya adalah Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Usaha Bersama (UEP KUBe). Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan memahami pengaruh pemasaran kewirausahaan (Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Serta Inovasi) terhadap Kinerja Keuangan dengan menggunakan teknik analisis data SEM (Stuctural Equition Model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran kewirausahaan yang terdiri dari Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Inovasi berpengaruh signifikan kepada Kinerja Keuangan Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Usaha Bersama (UEP KUBe). Untuk Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar pengaruhnya positif dalam meningkatkan Kinerja Keuangan. Adapun Inovasi mempunyai pengaruh negatif terhadap Kinerja Keuangan, hal ini disebabkan Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Usaha Bersama (UEP KUBe) ini merupakan Usaha Mikro Kecil, sedangkan inovasi membutuhkan biaya, yang tentunya akan berpengaruh negatif terhadap Kinerja Keuangan (terutama untuk jangka pendek).
Copyrights © 2020