JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)
Vol 5, No 1 (2019): Vol 5, No 1 (2019)

MARKETING STRATEGY ANALYSIS KOPI ARABIKA SPECIALTY (STUDI KASUS PADA CV FRINSA AGROLESTARI)

Achmad Fadillah (IPB University (Bogor Agricultural University))
Yasmin Nabila Salsabila (IPB University (Bogor Agricultural University))
Arief Daryanto (IPB University (Bogor Agricultural University))



Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

CV Frinsa Agrolestari merupakan sebuah bisnis keluarga yang bergerak di bidang perkebunan dan proses biji kopi yang saat ini berfokus pada biji kopi specialty, disisi lain perusahaan tersebut belum memiliki strategi pemasaran yang optimal di pasar domestik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang strategi pemasaran yang tepat untuk CV Frinsa Agrolestari di pasar domestik. Analisis faktor lingkungan internal dan eksternal dilakukan dengan menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), dan Internal-Eksternal (IE) dilanjutkan dengan perancangan strategi menggunakan matriks SWOT. Rancangan strategi pemasaran biji kopi specialty untuk pasar domestik pada CV Frinsa Agrolestari adalah melakukan pengembangan produk secara terus-menerus, pengembangan bisnis ke ekowisata dan eduwisata sebagai media pemasaran, pengembangan bisnis kopi hilir, pengoptimalan penggunaan internet sebagai media pemasaran, komunikasi yang intensif dengan konsumen dan jasa ekspedisi, pengembangan desain kemasan yang lebih aman, edukasi konsumen mengenai kualitas produk, dan pengoptimalan pengembangan proses produksi dan bisnis.CV Frinsa Agrolestari merupakan sebuah bisnis keluarga yang bergerak di bidang perkebunan dan proses biji kopi yang saat ini berfokus pada biji kopi specialty, disisi lain perusahaan tersebut belum memiliki strategi pemasaran yang optimal di pasar domestik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang strategi pemasaran yang tepat untuk CV Frinsa Agrolestari di pasar domestik. Analisis faktor lingkungan internal dan eksternal dilakukan dengan menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), dan Internal-Eksternal (IE) dilanjutkan dengan perancangan strategi menggunakan matriks SWOT. Rancangan strategi pemasaran biji kopi specialty untuk pasar domestik pada CV Frinsa Agrolestari adalah melakukan pengembangan produk secara terus-menerus, pengembangan bisnis ke ekowisata dan eduwisata sebagai media pemasaran, pengembangan bisnis kopi hilir, pengoptimalan penggunaan internet sebagai media pemasaran, komunikasi yang intensif dengan konsumen dan jasa ekspedisi, pengembangan desain kemasan yang lebih aman, edukasi konsumen mengenai kualitas produk, dan pengoptimalan pengembangan proses produksi dan bisnis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jimfe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi (JIMFE) aims to publish scientific articles in management which can give contribution to the education and development of the science. JIMFE welcomes empirical, theoretical, and case-based studies articles which are relevant to all management aspects ...