JABE (Journal of Applied Business and Economic)
Vol 5, No 2 (2018): JABE (Journal of Applied Business and Economic)

Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal di Kota Bogor

Retno Indraswari (Institut Pertanian Bogor)
Lindawati Kartika (Institut Pertanian Bogor)
Stevia Septiani (Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia, kesadaran konsumen akan jaminan produk kosmetik yang halal juga meningkat. Fenomena tersebut menyebabkan pembelian kosmetik halal di Indonesia juga meningkat. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk : (1) mengidentifikasi karakteristik responden, (2) menganalisis proses keputusan pembelian, dan (3) menganalisis faktor-faktor keputusan pembelian produk kosmetik berlabel halal di Kota Bogor. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik snowball sampling. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis faktor, analisis crosstab, dan Net Promoter Score (NPS). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan tiga kelompok faktor baru yang membentuk keputusan pembelian kosmetik berlabel halal yaitu faktor individu, konsep diri dan sosial-budaya .Sebanyak 37% responden cenderung merekomendasikan produk kosmetik yang digunakannya kepada orang lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JABE

Publisher

Subject

Description

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a journal published by Universitas Indraprasta PGRI, issued four times in one year. JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a scientific publication in the form of conceptual paper and field research related to business and economic ...