Tujuan penelitian ini untuk menganalisis distribusi: pertanyaan berdasarkan subjek pelaku, pertanyaan berdasarkan tertutup-terbuka, dan pertanyaan berdasarkan jenjang kognitif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Lab School Banda Aceh. Subjek penelitian adalah guru fisika sebanyak tiga orang yang masing-masing mengajar di kelas I, II, dan III beserta siswanya yang terdapat pada kelas tersebut. Variabel yang dikaji adalah pertanyaan guru dan siswa dalam pembelajaran fisika yang terdiri dari 60 pertanyaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi proses pembelajaran dengan menggunakan video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanyaan yang diajukan guru bukan hanya digunakan untuk mengukur kemampuan siswa atau untuk mengarahkan siswa memahami materi yang sedang dikaji. Pertanyaan yang diajukan guru ternyata merupakan pertanyaan tentang pengelolaan kelas. Pertanyaan yang terkait materi menunjukkan bahwa sebagian besar pertanyaan guru merupakan pertanyaan tertutup yang menuntut jawaban singkat dan pasti, serta pertanyaan yang menuntut hafalan dan pemahaman (C1 dan C2)
Copyrights © 2014