Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan aktivitas belajar siswa dan kemampuan menyajikan data dan informasi dalam bentuk teks siswa kelas VIII-6 MTs Negeri 5 Jakarta tahun 2019 melalui pembelajaran kuantum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data pada prasiklus, siklus I dan siklus II diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,20, pada siklus I sebesar 66,94 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 78,7. Peningkatan keterampilan menulis teks berita diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang positif, yaitu siswa semakin aktif dan antusias saat mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui pembelajaran kuantum.
Copyrights © 2019