Beberapa sekolahan menugaskan pembelajaran Bahasa Indonesia kepada guru yang tidak berlatar belakang Pendidikan Bahasa Indonesia. Akibatnya, guru tersebut mengalami permasalahan dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan (1) problematika yang dihadapi guru pengganti dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di MA Nurul Islam Mojorejo Wates Blitar; (2) upaya guru pengganti untuk mengatasi masalah dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di MA Nurul Islam Mojorejo Wates Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuaitatif. Data diperoleh dari dua guru pengganti yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Data tersebut dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi, dan pemeriksanaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru pengganti memiliki problematika pada saat: 1. Perencanaan pembelajaran; 2. Pelaksanaan pembelajaran 3. Evaluasi pembelajaran; 4. Upaya pihak madrasah: a. mengikutsertakan guru pengganti dalam kegiatan MGMP; b. memberikan arahan atau saran untuk melanjutkan pendidikan tingkat lanjut; c. mencari guru yang lulusan dari jurusan Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2019