Menulis puisi merupakan kompetensi yang harus dicapai pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII. Namun, siswa masih mengalami kesulitan karena menulis puisi melibatkan daya imajinasi, nilai rasa, padahal tidak semua siswa memilikinya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan kompetensi menulis puisi siswa kelas VII E setelah dilakukan tindakan pembelajaran menulis puisi menggunakan media puzzle kata imajinasi? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kompetensi menulis puisi setelah dilakukan tindakan pembelajaran menulis puisi menggunakan media puzzle kata imajinasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan interpretasi serta refleksi. Sumber datanya adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015. Teknik yang diterapkan yaitu: siswa mengidentifikasi unsur-unsur puisi, siswa menyusun puzzle kata imajinasi, siswa menulis puisi dengan bantuan puzzle kata imajinasi. Hasil persentase kemampuan siswa prasiklus sebesar 48, 57%.Hasil presentase kemampuan siswa siklus 1 naik menjadi 68, 57%. Hasil tersebut meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 91,43%. Dapat disimpulkan bahwa telah terjadi perubahan perilaku belajar kearah yang positif yang diikuti dengan peningkatan kompetensi menulis puisi setelah diterapkan pembelajaran menulis puisi menggunakan media puzzle kata imajinasi.
Copyrights © 2020