Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana
Vol 25, No 2 (2019): Volume 25 Nomor 2 Tahun 2019

KOMODIFIKASI PESAN DAN VIRALITAS INFORMASI DENGAN METODE “LIKE, SHARE, COMMENT, AND SUBSCRIBE” PADA YOUTUBE

Restiawan Permana (Unknown)
Yusmawati Yusmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

AbstrakPerilaku komunikasi siber menciptakan “budaya” baru bagi pengguna untuk menerima dan membagikan pesan kepada yang lainnya secara berkesinambungan. Istilah komunikasi siber erat kaitannya dengan internet dan viralitas informasi di dunia maya. Viralitas atau virality alias adalah kemampuan untuk mengangkat suatu produk atau konsep secara viral. Viral sendiri merupakan salah satu karakteristik dari internet, yaitu kemampuan untuk berkembang secara eksponensial berkali-kali lipat dalam waktu sangat singkat. Salah satu media berbasis internet yang seringkali menjadikan sebuah informasi menjadi viral adalah YouTube. Konten (video) yang diunggah ke YouTube akan disebarkan link-nya kepada pengguna lain, lalu mereka bisa dengan mudah menyebarkannya lagi, begitu seterusnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan eksplanatif. Penelitian ini dibuat dengan melakukan pengamatan secara langsung baik terhadap media, konten, maupun partisipan komunikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren baru dalam komunikasi siber ini memberikan gambaran bagaimana sebuah informasi dengan mudahnya menjadi viral, melalui tahapan: like, share, comment, dan subscribe. Kata kunci: komunikasi siber, viralitas informasi, YouTube AbstractThe communication behavior creates a new "culture" for the user to receive and deliver the same message effectively. The term of cyber communication is closely related to virality of information in cyberspace. Virality is the ability to build a product or concept viral. Viral itself is one of the internet, namely the ability to develop repeatedly many times over in a very short time. One of the internet media based on information being viral is YouTube. The content (video) uploaded to YouTube will be distributed to other users, then they can easily spread it again, and so on. This research is a qualitative and descriptive-explanatory research. This research was conducted by observing directly the media, content and communication participation. The results show that this new trend in communication provides information on how information can easily become viral, through stages: like, share, comment, and subscribe. Keyword: cyber communication, virality of information, YouTube

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

wahana

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Media Bahasa, Sastra dan Budaya yang diterbitkan oleh Fakultas Sosial ilmu dan Budaya Universitas Pakuan dengan E-ISSN 2622-4356. Jurnal ini memuat makalah, pemikiran kritis, gagasan ilmiah, dan hasil penelitian pada bidang bahasa, sastra, budaya, komunikasi dan seni dalam bentuk artikel ilmiah dari ...