Jurnal PTK dan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2019): JANUARI - JUNI

UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 28 BANJARMASIN MENGGUNAKAN METODE TEKA-TEKI SILANG

Ridawati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2019

Abstract

Metode Teka-Teki Silang dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung. Tujuan Penelitian untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa setelah penerapan metode Teka-Teki Silang pada pembelajaran IPS di kelas VIII A SMP Negeri 288 Banjarmasin, dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada siklus I rata-rata persentase indikator minat belajar siswa adalah 62%. Pada siklus II menjadi 70% atau mengalami peningkatan sebesar 8%. Pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 18% sehingga menjadi 88%. Hasil belajar siswa persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 20% meningkat menjadi 60% pada siklus II.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ptkpend

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training ...