Metode Teka-Teki Silang dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung. Tujuan Penelitian untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa setelah penerapan metode Teka-Teki Silang pada pembelajaran IPS di kelas VIII A SMP Negeri 288 Banjarmasin, dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada siklus I rata-rata persentase indikator minat belajar siswa adalah 62%. Pada siklus II menjadi 70% atau mengalami peningkatan sebesar 8%. Pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 18% sehingga menjadi 88%. Hasil belajar siswa persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 20% meningkat menjadi 60% pada siklus II.
Copyrights © 2019