EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137

HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU YANG DIGUNAKAN GURU DALAM PENINGKAATAN MOTIF ALTRUISTIK SISWA DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KOTO TANGAH

Atika Putri (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Firman Firman (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Neviyarni Neviyarni (UUniversitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Motif altruistik merupakan suatu tindakan sukarela untuk membantu orang lain baik melalui fisik, materi atau psikologis yang diberikan secara murni, tulus tanpa mengharapkan imbalan apapun untuk dirinya yang didasari motif untuk meningkatkan kesejahteraan dan keselamatan orang lain. Hal ini disebabkan motif altruistik juga merupakan penilaian sikap dalam kurikulum pendidikan. Namun kenyataannya motif altruistik yang terjadi di Sekolah Dasar terutama di kelas rendah motif altruistik masih rendah. Sedangkan motif altruistik ini perlu dikembangkan pada proses pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapatĀ  memberikan pengalaman belajar bermakna kepada peserta didik di SD kelas rendah. Penulisan artikel bertujuan (1) Untuk mengetahui motif altruistik dalam penggunaan media pembelajaran tematik. (2) Untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran tematik dalam meningkatkan motif altruistik siswa di Sekolah Dasar. Selain itu, pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru belum optimal. Oleh karena itu diperlukan kemampuan guru untuk menggunakan media pembelajaran untuk dapat meningkatkan motif altruistik siswa di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...