Penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Cirebon pada tahun ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur seberapa besar peningkatan kemampuan kerjasama sebelum dan sesudah diberikan format bimbingan klasikal dengan teknik Student Team Achievement Division (STAD) serta menguji keefektifannya. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif karena analisisnya menggunakan data-data numerical. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sampel yang diambil sebesar 32 siswa dari populasi sejumlah 248 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala kemampuan kerjasama. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan rumus product moment dan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan format bimbingan klasikal dengan teknik Student Team Achievement Division (STAD), kemampuan kerjasama siswa berada pada kategori rendah namun setelah diberikan treatment tersebut, kemampuan kerjasama siswa mengalami kenaikan dengan kategori tinggi. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan hasil observasi yang dilakukan peneliti menunjukkan adanya peningkatan antusiasme, keaktifan dan komunikasi antar siswa sehingga treatment tersebut efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas VIII di MTsN 2 Cirebon.Kata kunci: bimbingan klasikal, STAD, kemampuan kerjasama
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020