EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SD

Lisa Syupriyanti (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Firman Firman (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Neviyarni Neviyarni (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Tujuan – untuk membuktikan adanya pengaruh media audio visual interaktif dengan menggunakan pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD. Metodologi – penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini ialah Kelas V SD. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Uji hipotesis pada penelitian ini ialah dengan menggunakan rumus t-test. Hasil – berdasarkan perhitungan uji t (t-test) pada post test diperoleh thitung (2,7689) > ttabel (1,9977). Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Implikasi – Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif media audio visual interaktif dengan menggunakan pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...