Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi
Vol 3, No 1 (2019)

PENGARUH KARAKTERISTIK INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMSIPENGARUH KARAKTERISTIK INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMSI

Hartini, Hartini (Unknown)
Rahayu, Dwi Hartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik internal perusahaan terhadap kinerja perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja perusahaan yang diukur dengan return on asset, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah umur perusahaan, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, likuiditas dan rasio hutang. Metode penelitian menggunakan analisis regresi berganda untuk data panel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 27 perusahaan yang bergerak di sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umur perusahaan dan rasio hutang memiliki pengaruh negatif terhadap return on asset dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja.Perusahaan yang telah lama berdiri harus dapat melakukan inovasi produk dan meningkatkan volume penjualan serta berhati-hati dalam menggunakan hutangnya demi kelangsungan hidup perusahaan.  Kata kunci:    likuiditas, pertumbuhan penjualan, leverage, ROA, ukuran   perusahaan, umur perusahaan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

niaga

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Redaksi Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi mengundang para peneliti untuk mengirimkkan artikel ilmiah berupa kajian ilmiah, karya penelitian dan ide-ide inovasi ilmmiah di Bidang Ilmu Administrasi khususnya terkait dengan pengembangan dan inovasi ilmu, isu-isu sosial yang mendukung ...