Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika
Vol 5, No 2 (2019)

IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG

Septi Kuntari (Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Reva Febrianti (Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Abstrak       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan eksperimen murni sebagai metode penelitian dengan desain posttest only control group design. Sebelum melakukan penelitian peneliti mempersiapkan instrument tes terlebih dahulu, dimana instrument tes ini diberikan kepada kelas yang lebih tinggi, setelah itu dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah tes dinyatakan valid dan reliabel, kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dinyatakan normal dan homogen, maka dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t.       Dari hasil hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai t hitung < t tabel, yaitu sebesar 0.000 <0.05, hal ini sesuai dengan pengambilan keputusan dalam uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, Ha diterima dan berarti bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar sosiologi siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan perolehan F-hitung 19.312 > F-tabel 3.98.  Kata Kunci : Cooperative Learning, Jigsaw, Hasil Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Hermeneutika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

“Hermeneutika”memuat hasil penelitian yang berkaitan dengan pengembangan sains dan teknologi dalam bidang ...