Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 3 No 1 (2019): Vol.3,No.1,2019

Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Tingkat Penjualan Produk di Sang Spa Ubud Bali

Astorina Firda Ayuningtyas (Universitas Udayana)
I Gusti Ngurah Widyatmaja (Universitas Udayana)
Agug Sri Sulistyawati (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2019

Abstract

Sang Spa Ubud Bali merupakan salah satu Wellness Day Spa yang ada di Ubud yang telah berdiri dari tahun 2008. Sang Spa Ubud Bali memiliki konsep day spa Natural Holistic Healing yaitu perawatan atau treatment tradisional yang menonjolkan ciri khas pulau Bali. Terkait dengan pembelian produk dan pemesanan produk dari online dan offline yang rendah, sehingga Sang Spa Ubud Bali ini memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan tingkat penjualan produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Sang Spa Ubud dalam meningkatkan tingkat penjualan produk. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode IFAS dan EFAS dan analisis SWOT. Kuisioner ini disebarkan kepada 100 responden untuk menjawab faktor internal dan 7 responden yang terkait yang ahli dibidangnya untuk menjawab faktor eksternal Spa. Hasil penelitian menunjukkan dari analisis Matriks IFAS yaitu 2,599 dan Matriks EFAS 3,018 di identifikasi perusahaan dalam posisi pertumbuhan (growth) kuadran II bersifat horizontal atau memperhatikan kekuatan utama dari perusahaan, memperluas area pemasarannya, menjalin dan memperkuat kerjasama dengan berbagai travel agent, villa, hotel, cottage dan Guest House dengan cara offline maupun online, memperbaiki prosedur – prosedur internal perusahaan dengan meningkatkan kualitas produk dan jasa perusahaan. Analisis SWOT menghasilkan 4 Strategi alternatif yaitu strategi Strength Opportunity (SO) diterapkan dalam 3 strategi dengan masing masing program didalamnya. Strategi Weakness Opportunity (WO) membentuk 3 strategi dan program yang ada didalamnya. Strategi ketiga yaitu Strategi Strength Treath (ST) ini membentuk 2 strategi baru yang memiliki program juga di dalamnnya dan yang terakhir adalah Strategi Weakness Threat (WT) yang membentuk 2 strategi dan program didalamnya. Keseluruhan Strategi tersebut bisa dijadikan sebagai alternatif strategi dan pengambilan keputusan pemasaran untuk meningkatkan tingkat penjualan produk pada Sang Spa Ubud Bali. Saran yang diberikan kepada Sang Spa Ubud Bali adalah bisa menerapkan strategi – strategi yang telah dibahas untuk kedepannya agar memberikan peningkatan penjualan produknya, kemudian harus gencar melakukan promosi yang lebih up to date agar tidak kalah bersaing dengan Day Spa maupun spa – spa yang lain di Ubud.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...