Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 2 No 1 (2018): Vol.2,No.1,2018

Persepsi wisatawan mancanegara dalam memilih restoran di kelurahan ubud gianyar bali

Ni Kadek Septiyanti (Universitas Udayana)
Ni Ketut Arismayanti (Udayana University)
Nyoman Ariana (Udayana University)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan mancanegara dalam memilih restoran di Kelurahan Ubud. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling kepada 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan tabulasi silang. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor tiap indikator persepsi yaitu harga makanan memperoleh rata-rata 4,39 (sangat setuju), suasana memperoleh rata-rata 4,34 (sangat setuju), kualitas makanan memperoleh rata-rata 4,46 (sangat setuju), keunikan makanan memperoleh rata-rata 4,27 (sangat setuju), porsi memperoleh rata-rata 4,25 (sangat setuju), standar konsisten memperoleh rata-rata 4,16 (setuju), jenis menu memperoleh rata-rata 4,27 (sangat setuju), tingkat pelayanan memperoleh rata-rata 4,41 (sangat setuju) dan lokasi memperoleh rata-rata 4,25 (sangat setuju). Persepsi wisatawan mancanegara dalam memilih restoran di Kelurahan Ubud secara keseluruhan memperoleh rata-rata sebesar 4,31 yang termasuk dalam kategori sangat setuju. Saran dari hasil penelitian ini adalah (1) pihak restoran sebaiknya memiliki strategi untuk memuaskan keinginan konsumen dengan cara melakukan sebuah penelitian untuk menggali informasi tentang persepsi konsumen; (2) pihak restoran sebaiknya lebih aktif memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi kepada pembeli tentang restoran . Kata Kunci : Persepsi, Wisatawan Mancanegara, Restoran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...