Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 2 No 3 (2018): Vol.2,No.3,2018

Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Karyawan pada Restoran Jemme Dining di Seminyak Bali

panca adi noverlis (Unknown)
Ni Ketut Arismayanti (Universitas Udayana)
Agus Muriawan Putra (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Karyawan pada Restoran Jemme Dining di Seminyak Bali. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, dokumentasi, kuesioner, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan analisis tingkat kepentingan kerja (importance performance analysis). Dari 100 responden faktor-faktor yang dianggap penting oleh wisatawan sedangkan tingkat kinerja /pelaksanaannya masih belum memuaskan adalah perlengkapan fasilitas pada restoran, penampilan dan kerapian karyawan restoran Jemme Dining dalam berpakaian, ketepatan dan ketelitian dalam membersihkan restoran, karyawan restoran Jemme Dining mampu berkomunikasi dengan baik dan menguasai bahasa asing dengan baik dan efektif jika berinteraksi dengan tamu, pemahaman karyawan restoran Jemme Dining dengan kebutuhan dan keinginan wisatawan, karyawan Restoran Jemme Dining selalu bersikap rendah hati dalam berinteraksi. Faktor yang perlu dipertahankan adalah karyawan restoran Jemme Dining mampu menyiapkan meja makan yang nyaman, bersih, indah serta rapi, kecepatan karyawan restoran Jemme Dining dalam mengatasi keluhan yang disampaikan oleh tamu dan dapat diselesaikan dan keamanan atas barang-barang tamu yang berada di restora. Faktor yang perlu diperbaiki yaitu penampilan dan kerapian karyawan Restoran Jemme Dining dalam berpakaian, karyawan Restoran Jemme Dining mampu berkomunikasi dengan baik dan menguasai bahasa asing dengan baik dan efektif jika berinteraksi dengan tamu dan karyawan Restoran Jemme Dining selalu bersikap rendah hati dalam berinteraksi. Berdasarkan perhitungan tingkat kepuasan diperoleh hasil sebesar 96,20 persen. Sehingga dapat dikatakan bahwa wisatawan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh karyawan Restoran Jemme Dining Seminyak Bali. Kata kunci : Kinerja, kepentingan, dan Restoran Jemme Dining di Seminyak Bali

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...