BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol 4 No 1 (2019): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

PENGGUNAAN MEDIA FOTONOVELA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KERUSAKAN LINGKUNGAN

noni Windayani noniwindayani (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep kerusakan lingkungan. Metode yang digunakan yaitu true exsperiment dengan populasi seluruh kelas X IPA sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 213 orang. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu SMA di kabupaten Ciamis. Sample diambil menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrumen berupa tes pilihan ganda berjumlah 42 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anacova dengan 0,05. Uji anacova menunjukan corrected model sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukan ada pengaruh media fotonovela terhadap hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain pada hasil belajar dikelas eksperimen dalam kategori sedang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biosfer

Publisher

Subject

Education

Description

BIOSFER adalah jurnal atau terbitan berkala ilmiah yang berfungsi sebagai media publikasi gagasan, kajian dan hasil penelitian bermutu terkait biologi dan pendidikan biologi guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam bidang biologi. Sesuai dengan arti Biosfer yaitu bagian luar dari ...