Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Vol. 10 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 3M DALAM MENULIS CERPEN ANAK BAGI MAHASISWA TINGKAT II PGSD STKIP SANTU PAULUS RUTENG

Yohanes Mariano Dangku (Prodi Bahasa Indonesia STKIP Santu Paulus)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2018

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu model pembelajaran menulis cerpen anak. Alasan pengembangan produk ini adalah para mahasiswa berkesulitan dalam menulis cerpen anak. Sementara cerpen anak adalah salah satu materi ajar yang harus diajarkan seorang guru SD. Produk yang dikembangkan adalah suatu model pembelajaran menulis cerpen anak yakni model 3M (Membaca, Mengidentifikasi, dan Menciptakan). Produk yang dikembangkan telah diujicoba oleh subjek ahli dan pengguna. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa Model Pembelajaran 3M efektif, efisien, dan aseptable untuk membelajarkan keterampilan menulis cerpen anak. Efektivitas, efisiensi, dan aseptablitas penggunaan produk ini juga dibuktikan oleh peningkatan keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerpen anak dalam diri mahasiswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio (JPKM) is published regularly twice a year in January and June by the Institute for Research and Community Service (LPPM), Santu Paulus College of Teacher Training and Education. This journal contains scientific articles from research in the fields of ...