Numeracy : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2015)

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT

Fachrudin Ruzi (STKIP Bina Bangsa Getsempena)
Ully Muzakir (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2015

Abstract

Untuk dapat mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran problem posing terhadap kemampuan representasi matematika pada materi bangun datar segi empat, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Siswa Kelas VII SMP N 1 Baitussalam Aceh Besar Tahun Ajaran 2013/1014”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran problem posing terhadap kemampuan representasi matematika, melihat aktivitas siswa, dan kemampuan guru terhadap pembelajaran materi bangun datar segi empat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing siswa kelas VII SMP N I Baitussalam. Rancangan penelitian ini menggunakan one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian berjumlah 57 siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah salah satu kelas VII SMPN I Baitussalam yaitu kelas VIIA yang berjumlah 24 siswa. Tehnik pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar, lembar observasi siswa dan guru. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dan a = 0,05 pada taraf signifikan, diperoleh berdasarkan derajat kebebasan (dk) = 46 dengan kriteria terima Ho jika – t1- ½α < ttabel < t1- ½α dan tolak Ho jika t mempunyai harga yang lain. Dari tabel distribusi t diperoleh t0,95(23) = 1,71. Karena ( thitung > ttabel ) yaitu 10,39 > 1,71 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematika pada siswa kelas VII SMPN I Baitussalam Aceh Besar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

numeracy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Numeracy Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles comprising on mathematics learning, critical study of mathematics learning, classroom action research research on mathematics curriculum, learning method of mathematic, learning media of mathematic, research on ...