Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada materi geometri antara siswa yang memperoleh pembelajaran Matematika GASING dengan siswa yang memperolah pembelajaran konvensional dan sikap siswa terhadap pembelajaran geometri dengan menggunakan pembelajaran Matematika GASING. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI 35 Serpong tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara tidak acak (purposive sampling) dan terpilih kelas VII.I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.III sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi geometri antara siswa yang memperoleh pembelajaran Matematika GASING dengan siswa yang memperolah pembelajaran konvensional, siswa yang memperoleh pembelajaran Metematika GASING pada materi geometri mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan sikap siswa menunjukan respon yang positif terhadap pembelajaran geometri dengan menggunakan Matematika GASING.
Copyrights © 2015