Numeracy : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2016)

EKSPLORASI ASPEK-ASPEK PEMAHAMAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN TRIGONOMETRI

Usman (Universitas Syiah Kuala)
RM Bambang S (Universitas Syiah Kuala)
M. Hasbi (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek pemahaman siswa SMA dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 16 Banda Aceh yang berjumlah 21 orang. Data penelitian ini bersumber dari jawaban dan penjelasan subjek melalui wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan data, menarik kesimpulan. Dari hasil analisis disimpulkan aspek-aspek pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri adalah aspek pemahaman dalam memahami soal, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan soal, dan mengecek hasil yang telah dikerjakan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

numeracy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Numeracy Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles comprising on mathematics learning, critical study of mathematics learning, classroom action research research on mathematics curriculum, learning method of mathematic, learning media of mathematic, research on ...