Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh sarana perpustakaan dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Metode Penelitian merupakan penelitian survey. Subjek penelitian  ini sebanyak 80 siswa yang diambil secara acak di SMA Negeri 1 Tambun selatan Bekasi. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skla likert. Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal.Hasil penelitian menunjukkan sarana perpustakaan  memberi pengaruh yang signifikan terhadap  prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Begitu juga disiplin belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap  prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Koefisien determinasi (R)2 adalah  sarana perpustakaan dan disiplin belajar mempunyai hubungan yang lemah terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.Kata Kunci :  Sarana,  Disiplin, Prestasi belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019