Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 6, No 2 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

Sarana Perpustakaan Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas X Sma

Nurdin Nurdin (Unknown)
Munzir Munzir (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh sarana perpustakaan dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Metode Penelitian merupakan penelitian survey. Subjek penelitian  ini sebanyak 80 siswa yang diambil secara acak di SMA Negeri 1 Tambun selatan Bekasi. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skla likert. Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal.Hasil penelitian menunjukkan sarana perpustakaan  memberi pengaruh yang signifikan terhadap  prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Begitu juga disiplin belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap  prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Koefisien determinasi (R)2 adalah  sarana perpustakaan dan disiplin belajar mempunyai hubungan yang lemah terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.Kata Kunci :  Sarana,  Disiplin, Prestasi belajar

Copyrights © 2019