Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 6, No 1 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

POLA KOMUNIKASI PENGAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DI TALKINC SCHOOL FOR PUBLIC SPEAKING and TV PRESENTER JAKARTA

IIS DEWI LESTARI (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2019

Abstract

Abstrak Semua kegiatan manusia membutuhkan komunikasi baik secara verbal maupun non verbal. Salah satu bentuk kegiatan manusia yang membutuhkan komunikasi adalah kegiatan belajar mengajar. Didalam proses kegiatan belajar mengajar yang bertindak sebagai komunikator adalah pengajar sedangkan komunikannya adalah peserta didik.  TALKinc sebagai lembaga pendidikan non formal yang bergerak di bidang pengajaran keahlian komunikasi memiliki keberhasilan mencetak lulusan-lulusan yang sukses dibidangnya. Hal tersebut yang mendasari penelitian ini untuk menganalisa proses komunikasi dan pola komunikasi pengajar di TALKinc dalam upaya meningkatkan motivasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data adalah observasi. Hasil observasi menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang terbentuk dari proses komunikasi di TALKinc adalah pola sirkuler (Osgood dan Schamm,1954) dimana bentuk komunikasinya adalah komunikasi dua arah dimana pola tersebut terdapat unsur feedback (reaksi dari komunikan). Kata Kunci: Pola Komunikasi, Pengajar, Motivasi  Abstract Almostall activities of human requiresa communication skill whether it is verbalor non verbal communication. One of the example is teaching process. Teaching process involve teacher as a senderand student as a recipient in the communication process. TALKinc as an informal school of communication has succesfully graduated professional public speakers or communicator in a variety of industries. Based on that, this research purpose to analyse how the communication process and how the communication pattern between teacher and student to escalate student motivation. The research method was using qualitative method and the data collection was using observation. The result is the communication pattern that has been used by teacher isCircular model from Osgood and Schamm (1954). Where the pattern have two ways communication process and one of the essential key factor is feedback from recipient. Password: Communication Pattern, Teacher, Motivation  

Copyrights © 2019