Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2019)

Peningkatan Prestasi Belajar dengan Pembelajaran Talking Stick dan Media Tangram

Wardatus Sholeha (Universitas Kanjuruhan Malang)
Rahaju Rahaju (Universitas Kanjuruhan Malang)
Tri Candra Wulandari (Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran talking stick dengan menggunakan media tangram yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi segiempat pada siswa kelas VIIF SMP Budi Mulia Pakisaji, Malang, Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sumber data adalah siswa kelas VIIF sebanyak 28 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran dengan model talking stick dan media tangram yang dapat meningkatkan prestasi belajar dilaksanakan dengan langkah-langkah; guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang heterogen, menjelaskan materi menggunakan media tangram, guru meminta setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan Lembar kerja kelompok, guru meminta perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi, guru menyiapkan tongkat/stick dan menjelaskan menjelaskan langkah-langkah dan aturan talking stick, guru memutar musik dan memberikan tongkat kepada salah satu siswa, kemudian tongkat dijalankan secara estafet, saat musik berhenti, siswa yang memegang tongkat harus menjawab soal, jika jawaban siswa benar, maka siswa akan mendapat hadiah, diakhir pelajaran guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Hasil pembelajaran dengan model talking stick dan media tangram menunjukkan peningkatan dari tahap pratindakan ke siklus 1 sebesar 27,97%, sedangkan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,78%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Laplace

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

"LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika" is intended to disseminate the results of research on Mathematics Education as one form of publication of Tri Darma Perguruan Tinggi which has been made by Lecturers, Teachers, Alumni and Experts. This journal encompasses original research articles, review ...