Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi
Vol 11 No 2 (2019): AKUNTABILITAS

Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Industri Makanan Di Bakorwil II Jawa Timur

Marwita Andarini (Universitas Kadiri)
Nur Laely (Universitas Kadiri)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2019

Abstract

Kegiatan pemasaran akan berhubungan erat dengan adanya program Customer Relationship Management dikarenakan memiliki kaitan dengan peningkatan Kinerja Pemasaran melalui pengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh customer relationship management terhadap keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja pemasaran yang dilakukan melalui pengolahan data uji path analysis menggunakan SPSS IBM 23 menggunakan pengambilan populasi dengam sampel 96 responden menggunakan formula Lemeshow, dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui atribut- atribut yang memiliki kevalidan data dengan asumsi Rhitung > Rtabel yaitu Pvalue > 0.1986, sedangkan pada tingkat reliabel didaptakan nilai cronbach alpha sebesar 0,812 yang sangat reliabel, kemudian dilakukan uji regresi untuk mengambil model summary dan koefisien untuk digunakan dalam path analysis, didapatkan hasil bahwa pengaruh langsung memiliki nilai sebesar 54,3% sedangkan pengaruh tidak langsung lebih kecil yaitu sebesar 0,088%. Pada atribut memberi pengaruh secara langsung lebih besar dari pada pengaruh tidak langsung melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha kecil industri makanan di Bakorwil II Jawa Timur

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

akuntabilitas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Akuntabilitas : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Ekonomi a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity and novelty. Akuntabilitas : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Ekonomi is a peer review journal published by Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar. The aim of the Journal is to ...