Pertumbuhan ekonomi pada usaha kecil dan menengah (UKM) sangatlah memilii peranan yang sangat penting dalam permbagunan ekonomi. Salah satunya yaitu di UD Aswad dan Son merupakan usaha kecil dan menengah kerajinan songkok yang berada di Wilayah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. UD Aswad dan SonĀ  ini didirikan pada tahun 1986 oleh Bapak H. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kondisi objektif di UD Aswad dan Son, menganalisis posisi keunggulan bersaing menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat simpulkan faktor-faktor kekuatan (strengths) mempunyai nilai skor sebesar 2.49, faktor-faktor kelemahan (weaknesses) mempunyai nilai skor sebesar 0.50, peluang sebesar 2.64 dan ancaman sebesar 0.42 yang berarti UD Aswad dan Son mempunyai kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan faktor kelemahan dalam menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing. Sedangkan dalam menentukan pilihan strategi pada diagram cartecius ditunjukkan ada kuandran IB yang merupakan stable growth dengan skor S < O yaitu peluang pasar sangat berpengaruh pada UD. Aswan dan Son.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019