Kampung Sentra Blangkon Petrojayan Serengan merupakan daerah industri kreatif yang memproduksi blangkon dan menjualnya. Metode promosi dan penjualan blangkon di kampong blangkon petrojayan dilakukan melalui pameran, informasi mulut ke mulut dan beberapa pedagang telah memanfaatkan teknologi promosi dan pemasaran melalui Short Message Service (SMS) dan intenet. Pengenalan produk blangkon pada media internet seperti facebook atau media social lainnya hanya menampilkan gambar tanpa spesifikasi produk maupun cara memesan dan membelinya. Hal ini tentunya menyulitkan konsumen untuk mengetahui detail produk blangkon dan melakukan transaksi pembelian barang. Kegiatan PKM ini adalah melakukan induksi teknologi yang terdiri dari aplikasi promosi dan aplikasi manajemen peneglolaan pemesanan dan penjualan secara online. Paket aplikasi yang akan diterapkan pada mitra adalah aplikasi Elektronik Market Place dan Manajemen Penjualan. Kegiatan ini memiliki target untuk perluasan tempat pemasaran secara elektronik (e-market place) dan perbaikan manajemen pengelolaan pemesanan dan penjualan secara online. Kegiatan Induksi teknologi dilakukan dalam lima tahap yaitu (1) Penyusunan Materi, (2) Pelatihan, (3) Persiapan peralatan, Konfigurasi Sistem dan Implementasi Sistem, (4) Pendampingan dan (5) Monitoring. Pendekatan yang dilakukan untuk proses penyusunan materi dan pelatihan adalah pendekatan konsep-proses. Pendekatan yang digunakan untuk proses pendampingan adalah pendekatan Project Based. Pendekatan yang digunakan untuk kegiatan monitoring adalah problem solving. Kata kunci : Induksi, Teknologi, Promosi, Manajemen, Penjualan
Copyrights © 2019