Masyarakat Provinsi Sumatera Utara khususnya wilayah Tapanuli Bagian Selatan yang majemuk dari segi agamanya, ada yang beragama Islam, Kristen, dan agama lainnya, sangat memungkinkan terdapatnya berbagai persepsi yang mempengaruhi perilaku masyarakat dalam memilih bank. Namun demikian, faktor keagamaan atau persepsi yang hanya didasari oleh alasan keagamaan saja belum tentu mempengaruhi perilaku masyarakat terhadap keputusan dalam menggunakan jenis jasa perbankan. Melihat banyaknya faktor yang menjadi penentu keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan, hal inilah yang mendorong peneliti melakukan identifikasi lebih dalam terkait dengan faktor-faktor tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif. Variabel marketing mix secara parsial tidak dapat dijadikan sebagai faktor penentu keputusan masyarakat dalam memilih bank syariah dan bank konvensional di Provinsi Sumatera Utara khusunya di Wilayah Tapanuli Bagian Selatan. Sedangkan variabel motivasi dan persepsi secara parsial dapat dijadikan sebagai faktor penentu keputusan masyarakat dalam memilih Bank Syariah dan Bank Konvensional di Provinsi Sumatera Utara khusunya di Wilayah Tapanuli Bagian Selatan. Kemudian, variabel motivasi, persepsi dan marketing mix secara simultan dapat dijadikan sebagai faktor penentu keputusan masyarakat dalam memilih Bank Syariah dan Bank Konvensional di Provinsi Sumatera Utara khusunya di Wilayah Tapanuli Bagian Selatan.
Copyrights © 2020