Tujuan dari penelitian ini, untuk mendiskripsikan karakteristik huruf hijaiyah sebagai sarana pembelajaran baca tulis awal anak usia dini 4-6 tahun. Kelengkapan data yang digunakan dalam riset ini yaitu metode kualitatif. Hasil dari riset ini: (1) huruf hijaiyah memang terbukti sangat tepat dijadikan sebagai fondasi dasar dalam pengenalan konsep baca anak usia dini, yang telah dilakukan di TK Ancab Mlonggo oleh anak-anak pada usia 4-6 tahun; dan (2) Kegiatan pembelajaran berbasis pengenalan membaca dimulai dengan mengaji iqro; kemudian dilanjutkan dengan menulis latin pada buku tulis, mengenai apa yang telah dilafalkan dan kegiatan pengenalan membaca melalui huruf hijaiyah ini memang sangat membantu memudahkan anak ketika ingin belajar huruf abjad dari A-Z karena ada kesamaan pelafalan dalam pengucapan-pengucapan baik huruf vokal, konsonan dan rangkain huruf demi huruf sehinga tersusunlah menjadi sebuah satu kalimat. Belajar huruf hijaiyah juga sangat mudah diterapkan pada keseharian anak melalui metode bernyayi dan permainan. Pendidik dan orangtua juga mampu menerapkannya dalam sehari-hari seperti memperlihatkan film kartun upin dan ipin pada waktu seri yang huruf hijaiyah sambil bernyanyi.Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Pembelajaran Baca Tulis Awal dan Anak Usia Dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019