COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 3, No 2 (2020)

Metode Bermain Peran dalam Penerpan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Irna Siskatrin Suhaylide (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Silliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa kelas 5 sekolah dasar dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran metode bermain peran dalam penerapan keterampilan berbicara pada siswa kelas 5 di sekolah dasar. Keterampilan berbicara berkaitan dengan bahasa lisan. Dalam menerapkan keterampilan berbicara pada siswa, bukanlah hal yang mudah karena ada beberapa kendala yang dihadapi siswa, diantaranya kurangnya percaya diri, sulit mengingat kata, takut salah, demam panggung, serta guru yang lebih mendominasi pembicaraan di dalam kelas. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode bermain peran dalam penerapan keterampilan berbicara. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui buku, jurnal dan artikel. Diharapkan dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...