COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 3, No 2 (2020)

INTEGRASI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MEDIA TANGRAM DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Reza Syehma Bahtiar (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi pembelajaran tematik dengan media tangram dalam peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan untuk tahapan-tahapn penelitian adalah (1) tahap persiapan; (2) tahap analisis; (3) tahap pembuatan instrumen; (4) tahap pengukuran.Subjek penelitian adalah siswa kelas I denganĀ  jumlah siswa sebanyak 30 ( laki-laki = 16 dan perempuan = 14). Sedangkan Lokasi penelitian berada di SDN Babatan IV Surabaya. Penelitian ini menggunakan beberapa macam teknik pengumpulan data yaitu observasi dan hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Tahap analisis data tersebut mencakup data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian yang mencakup hasil belajar siswa kelas I SDN Babatan IV Surabaya pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok bangun datar dan mata pelajaran IPS dengan materi pokok rumah sehat telah mencapai 83,3%. Nilai tersebut dinyatakan berhasil dan telah melampaui batas persentase ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yakni 70%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...