COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 3, No 1 (2020)

PENGUNAAN MEDIA MAINAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI PERPINDAHAN ZAT PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN RANCAMALANG 02 KECAMATAN MARGAASIH KABUPATEN BANDUNG

Maryati, Eneng (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2020

Abstract

AbstrakDalam pemahaman dan kemampuan menjadi masalah bagi siswa kelas IV SDN Randamalang 02, Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung ditemukan perolehan nilai dalam satu klas dari 10 siswa yang memperoleh nilai 60 keatas hanya 4 orang siswa, sedangkan siswa yang lainnya hanya mendapat 50 kebawah. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas untuk menaikan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA tentang pemindahan zat. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dimana siswa mempraktekan bagaimana bunyi dapat merambat pada zat padat, pada penelitian ini peneliti menggunakan alat peraga berupa media mainan yaitu bagaimana siswa diajak untuk membuat alat telepon dari bahan sederhana dan digunakan untuk mengetahui bagaimana bunyi dapat merambat menjadi zat padat. Penelitian dilakukan di SDN Rancamalang 02 kelas IV karena peneliti mengajar di kelas tersebut. Dari hasil penelitian melakukan tindakan diperoleh hasil yaitu peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA dari 10 siswa siklus 1 dari 4 siswa menjadi 9 siswa yang nilainya di atas 60, sedangkan pada siklus 2 dari tindakan yang dilakukan diperoleh hasil dari 9 siswa meningkat menjadi 18 siswa. Hal tersebut menunjukan bahwa penelitian tindakan yang dilakukan sudah dianggap berhasil. Penggunaan media sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pembeajaran sangat disarankan bagi setiap pelaku pendidikan terutama guru sekolah dasar untuk memanfaatkan media atau sarana yang tepat dalam proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Media Mainan, Demonstrasi. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...